FIELDTRIP SANGIRAN 2019 TEKNIK GEOLOGI

IST AKPRIND Yogyakarta TA. 2018/2019

Teknik Geologi – Filedtrip sangiran diadakan setiap tahun pada praktikum Paleontologi Umum dan praktikum Petrologi, dilaksanakan pada Minggu, tanggal 31 Maret 2019. Fileldtrip sangiran yang mencakup 12 kelurahan yang terletak di dua kabupaten yakni Kabupaten Sragen dan kabupaten Karanganyar dan pusat sangiran terletak di Desa Krikilan yang menempuh jarak 2.5 jam dari kota Yogyakarta.

Praktikum tersebut diikuti sebanyak 52 mahasiswa, asisten Petrologi 5 orang, asisten Paleontologi Umum 5 orang dan dua dosen pengampu praktikum yaitu Ibu Dr. Sri Mulyaningsih, S.T., M.T. dan Bapak Nur Widi Astanto Agus T., S.T., M.T.

Watuburik LP 1 - Teknik Geologi
Lokasi Pengamatan 1 (Kali Watuburik) Batuan Beku

Lokasi pengamatan 1 dijumpai batuan beku di bagian selatan Dome Sangiran yang terletak di Dusin Gumbulpring yang tersingkap di Kali Watuburik yang memanjang relatif berarah barat-timur dengan panjang 0.5 km.

Lokasi pengamatan 2 terletak hanya 20 meter dari Museum Sangiran dan dijumpai Formasi Kalibeng yang berisikan batuan tertua dari Sangiran dengan kandungan fosil molusca marine yang mencerminkan lingkungan laut dangkal.

Formasi Kalibeng LP 2 - Teknik Geologi
Lokasi pengamatan 2 (Formasi Kalibeng yang mengadung marine moluca fossil)
Museum Sangiran LP 3 - Teknik Geologi
Lokasi pengamatan 3 (Museum Sangiran)

Lokasi pengamatan 3 museum Sangiran terletak di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Sangiran pada 1977 ditetapkan oleh Menteri pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sebagai cagar budaya dan pada 1996 situs ini terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai World Heritage (No. 593, dokumen WHC-96/Conf.20121).

Lokasi pengamatan 4 yang merupakan Formasi Pucangan dijumpai batu lempung hitam yang banyak mengandung fosil moluska dan di atasnya terdapat tanah diatome.

Tanah Diatome LP 5 - Teknik Geologi
Lokasi pengamatan 4 (Formasi Pucangan yang mengandung fosil moluska dan terdapat tanah diatome)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here