GEOLOGI LAPANGAN II 2019 IST AKPRIND Yogyakarta

di Kulon Progo, DIY

Geologi Lapangan II adalah salah satu matakuliah wajib bagi mahasiswa Jurusan Teknik Geologi IST AKPRIND Yogyakarta. Tujuan dari diadakan kegiatan Geologi Lapangan II adalah melatih mahasiswa agar mengenali fenomena-fenomena alam khususnya di bidang Geologi dan melatih mahasiswa dalam pemetaan Geologi yang bisa dimanfaatkan sebagai bekal saat menempuh skripsi maupun sebagai pengalaman lapangan dalam meniti karir di kemudian hari sebagai seorang Geologist. Materi yang didapatkan dari Geologi Lapangan II yaitu ekskursi regional, orientasi medan, penampang stratigrafi, struktur geologi, pemetaan geologi dalam rangka pembuatan peta lintasan, peta geomorfologi dan peta geologi.

Teknik Geologi
Nur Widi Astanto Agus T., S.T., M.T. menyampaikan materi tentang kelurusan struktur dan mengukur kemiringan lereng.

Kegiatan Geologi Lapangan II pada semester Genap Tahun Akademik 2018/2019 diselenggarakan mulai 29 Juli sampai dengan 9 Agustus 2019. Geologi Lapangan II mengambil lokasi untuk pemetaan di jajaran Perbukitan Menoreh yang merupakan daerah perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sedangkan lokasi basecamp berada di Kampus Lapangan Kulon Progo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Teknik Geologi
Mahasiswa Teknik Geologi melakukan mengukur kemiringan lereng dan kelurusan struktur.

Harapan dari kami, semoga Geologi Lapangan II ini dapat memberikan manfaat bagi kelancaran pelaksanaan Geologi Lapangan II sebagai bagian dari pendidikan S-1 di Jurusan Teknik Geologi IST AKPRIND Yogyakarta serta dapat memajukan perkembangan ilmu kebumian khususnya di bidang Geologi yang dapat diabdikan kepada masyarakat.

Geologi Lapangan 2

Acara Kuliah Geologi Lapangan II:

  1. Ekskursi Geologi
  2. Orientasi Lapangan
  3. Pemetaan Geomorfologi
  4. Peralatan Lapangan dan Pemetaan Geologi
  5. Pengukuran Penampang Stratigrafi
  6. Analisis Geologi Struktur
  7. Penyusunan Laporan Pemetaan Geologi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here