Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta Bertransformasi Menjadi Universitas AKPRIND Indonesia

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta Bertransformasi Menjadi Universitas AKPRIND Indonesia

Dalam perjalanan transformasi yang menginspirasi dan bermakna, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (IST AKPRIND) bertransformasi menjadi universitas dengan nama Universitas AKPRIND Indonesia (AKPRIND University). Acara penyerahan Surat Keputusan Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi dari Institut ke Universitas diselenggarakan di Ruang Sidang Utama Kampus 1 Universitas AKPRIND Indonesia, Kamis (21/3). Penyerahan dilakukan oleh Kepala LLDikti Wilayah V Yogyakarta Prof. Setyabudi Indartono, M.M., Ph.D., kepada Anggota Pembina Potensi Pembangunan (YPPP) Prof. Dr. Harjum Huharam, S.E., M.E., didampingi oleh Rektor.

Selain penyerahan SK Perubahan Bentuk PT, juga diserahkan Surat Pengangkatan Rektor Universitas AKPRIND Indonesia. Surat tersebut diserahkan oleh Ketua YPPP Ir. Sagoro Wedy, M.M., kepada Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom..
Sebagai simbol peresmian Universitas AKPRIND Indonesia (AKPRIND University), dilakukan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Prof. Dr. Harjum Huharam, S.E., M.E., disaksikan oleh Kepala dan Pejabat LLDikti Wilayah V Yogyakarta, Ketua dan Pengurus YPPP, Rektor, Ketua Senat Akademik Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.T., serta pejabat di lingkungan Universitas AKPRIND Yogyakarta.

Akprind University

Pada kesempatan tersebut, Edhy menyampaikan bahwa transformasi IST AKPRIND menjadi Universitas AKPRIND Indonesia (AKPRIND University) merupakan langkah besar dalam perjalanan institusi, kini memasuki era baru sebagai sebuah universitas dengan komitmen memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, menyelenggarakan pendidikan berkualitas, dan memberikan layanan terbaik kepada mahasiswa dan para pemangku kepentingan.

Lebih lanjut Edhy berharap dengan lahirnya Universitas AKPRIND Indonesia (AKPRIND University), akan menjadi pusat keunggulan akademik, mendorong riset dan inovasi, mengabdikan diri kepada masyarakat, serta memastikan bahwa institusi ini akan terus maju, tumbuh, dan berkembang, sesuai cita-cita luhur Para Pendiri, serta memegang teguh amanah semboyan JNANADHARMA.

“Kami bertekad untuk menjadi pusat keunggulan dengan terus mendorong inovasi yang berwawasan/ramah lingkungan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak positif bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” ungkap Edhy.

Perjalanan Universitas AKPRIND Indonesia (AKPRIND University), dimulai pada 12 Mei 1972 dengan nama Akademi Perindustrian yang diresmikan oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII. Kemudian, nama Akademi Perindustrian berubah menjadi Akademi Teknologi Industri “AKPRIND” pada tahun 1984, sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 043/O/1985 tanggal 28 Januari 1985.

Selanjutnya, nama Institut Sains & Teknologi AKPRIND resmi digunakan sejak 16 Maret 1989 sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0145/O/1989. Dan, sejak tanggal 28 Februari 2024 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, No. 217/E/O/2024, terhitung selama 51 tahun mengabdi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta bertransformasi menjadi Universitas AKPRIND Indonesia (AKPRIND University). Perubahan Bentuk PT menjadi Universitas ini juga dibarengi dengan Pembukaan Program Studi baru, yaitu Manajemen Ritel jenjang Sarjana. (humas)