Mahasiswa Teknik Geologi Torehkan Dua Prestasi di Tengah Pandemi

kibm copy

Teknik Geologi – Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) merupakan ajang kompetisi kemahasiswaan tingkat nasional yang baru diadakan oleh Kemendikbud di tahun 2020. Walaupun event pertama kalinya namun mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta berhasil meloloskan dua proposal yang keduanya diketuai oleh mahasiswa Jurusan Teknik Geologi serta dibimbing oleh Nurul Dzakiya, S.Si., M.Sc. Menurut catatan, prestasi ini merupakan prestasi ke-4 yang ditorehkan mahasiswa Teknik Geologi tingkat nasional di 2020. Meskipun dalam keadaan di tengah pandemi tidak membuat mahasiswa berhenti berprestasi. Justru karena ‘Study from Home’ membuat mahasiswa memiliki waktu ekstra untuk berkarya dari rumah.

Pengumuman proposal sempat ditunda satu bulan lebih dari jadwal awal seharusnya 30 Agustus 2020 menjadi 5 Oktober 2020 sehingga rasa penasaran dan harap-harap cemas menjadi lebih lama. Namun hal itu terbayar dengan lolosnya dua proposal sekaligus. Proposal pertama dengan Judul “Al-hakim Eduhydrofarm” diketuai oleh Fany Dzikri Hakim dengan anggota yang terdiri dari Panji Wahyu Saputra, Ridho, Fiqhi Alhaqqi Firdaus dan Arqae Vazzal Hollozen. Sedangkan proposal kedua merupakan gabungan dari tiga jurusan dengan judul “Her Florist” yang diketuai oleh Yosi eka Apri Heryani, Khairil Fikri, Anggriani M, Selly Apriani dan Rydwan illahi.

Kedua bisnis tersebut merupakan usaha yang sudah ditekuni mahasiswa-mahasiswa tersebut disela-sela kesibukan kuliah dan organisasi. Kedepannya, produk yang menjadi bisnis menjanjikan tersebut akan dikompetisikan di KIBM Award 2020. Selain mendapatkan dana usaha, mereka juga akan dibantu mematenkan karya/merk bisnis mereka. Keuntungan lainnya, mereka mendapat reward penyetaraan matakuliah seperti bebas KKN dan beberapa matakuliah yang akan dikonversikan sesuai dengan matakuliah yg relevan untuk mencapai tujuan Kampus Merdeka. Harapannya masa studi mahasiswa bisa lebih cepat ditempuh dan kelak menjadi wirausahawan muda yang mampu menciptakan lapangan kerja setelah lulus kuliah dengan bekal dana KIBM tersebut. Sekali lagi, selamat buat Mahasiswa Teknik Geologi… Jayalah terus Dewa Bumi terus ukir prestasi meski di tengah pandemi (N.Dz/10/20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here