MEMBANGGAKAN, GEOLOGI-PRENEUR KEMBALI KE AJANG KMI AWARD 2019 BATAM

Teknik Geologi – Mahasiswa Jurusan Teknik Geologi IST AKPRIND Yogyakarta tiga tahun berturut-turut meraih prestasi di Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI). Prestasi terbesar diraih di KBMI 2018 yang berhasil meloloskan empat Proposal didanai Kemenristekdikti. Saat itu, tim-tim yang sukses berlaga di ajang kewirausahaan bergengsi ini diantaranya: Valhalla Geoservice (Berta Beni), Batik No Narkoba (Canggah Besari), dan Virayolly (Umi Latifah) yang ketiganya merupakan Bimbingan Nurul Dzakiya, S.Si., M.Sc. serta Tim IstaHawk (Septian Galih) bimbingan Indri Parwati, M.T. Tahun 2018 dari ke empat tim yang lanjut berlaga di ajang Mahasiswa Indonesia Award (KMI AWARD 2018) hanya tiga tim yang menjadi delegasi di IPB Bogor.

Teknik Geologi AKPRIND Yogyakarta
Nurul Dzakiya, S.S.i., M.Sc (Dosen Pembimbing), Saleha Serita, M. Qodri, Pamela Ferlita dan Asri (Mahasiswa/i)

Saat ini, tongkat estafet prestasi Mahasiswa Teknik Geologi di KBMI 2019 ditoreh kembali oleh Tim SAMBEL MOVE-ON yang di ketuai oleh Agus Setiawan dengan anggota Saleha Serita, M. Qodri, Pamela Ferlita dan Asri yang juga di Bimbing oleh Nurul Dzakiya, S.S.i., M.Sc berhasil didanai dan juga berhasil lolos ke ajang KMI AWARD 2019 yang diselenggarankan di Politeknik Negeri Batam oleh Kemendikbud pada 22-25 November 2019. Semoga tahun-tahun selanjutnya Jurusan Teknik Geologi terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi di bidang kewirausahaan maupun bidang lainnya di tingkat nasional maupun internasional. (Dzakiya, 2019).

3 tenant yang melibatkan 14 mahasiswa IST AKPRIND berhasil meloloskan proposal Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) sehingga layak didanai Kementerian Ristekdikti. Hal tersebut termaktub dalam Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Nomor 185/B/Hk/2019 Tanggal 1 Juli 2019 Tentang Perguruan Tinggi Pelaksana Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia Tahun 2019. 3 tenant tersebut mengangkat judul Kambangan Madu, Sambal Move-On dan Manikmaya Craft Kerajianan Dari Limbah Kayu.

Keinginan berwirausaha para mahasiswa merupakan sumber bagi lahirnya wirausaha-wirausaha masa depan. Jiwa berwirausaha yang dimiliki mahasiswa dapat diimplementasikan saat lulus agar mampu membuka banyak peluang kerja yang pada akhirnya berdampak positif pada perekonomian bangsa.

Oleh karena itu, Ditjen Belmawa berupaya untuk memfasilitasi dan memberi ruang pembelajaran berwirausaha sekaligus membangun jaringan bisnis yang salah satunya dilakukan dalam bentuk Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (Ekspo KMI) yang dilaksanakan rutin setiap tahun. Ekspo KMI diikuti oleh perwakilan mahasiswa sebagai wirausahawan muda yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Dan kami a.n Seluruh Jajaran Pimpinan IST AKPRIND Yogyakarta khususnya dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni, dan Kerjasama (Ir. Joko Waluyo, M.T) memberikan pesan untuk seluruh civitas akademika dan para alumni yang berdomisili di Batam agar dapat memberikan suport dengan mengunjungi Stand EXPO KMI IST AKPRIND Yogyakarta pada tanggal 23 – 24 Nopember 2019, Stand G6.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here