Visi dan Misi

Visi Jurusan Teknik Geologi

  • Menjadi program studi Teknik Geologi yang unggul dan favorit secara Nasional

Misi Jurusan Teknik Geologi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang geologi yang mengedepankan dan menjunjung tinggi tata nilai, norma, dan budaya.
  2. Mengembangkan ilmu geologi yang berwawasan lingkungan dan berbasis penjaminan mutu.
  3. Menerapkan hasil-hasil pendidikan dan penelitian di bidang geologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan Jurusan

  1. Mempertahankan dan meningkatkan eksistensi program studi di kancah nasional.
  2. Mencetak sarjana Teknik Geologi yang mumpuni di bidang eksplorasi geologi, berjiwa enterpreneur dan memiliki karakter disiplin, jujur dan bermoral.
  3. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian yang bermutu tinggi, yang berguna bagi kemajuan industri kebumian, penanggulangan bencana geologi, dan pengelolaan lingkungan geologi.

Mengacu pada visi, misi dan tujuan program studi tersebut, profil lulusan Prodi Teknik Geologi FTM IST AKPRIND yang hendak dicapai adalah:

  1. Mampu bekerja secara mandiri maupun secara tim, dengan menjujung tinggi tata nilai moral, etika, disiplin dan berjiwa enterpreneur dalam berkarya.
  2. Memahami secara komprehensif teori dasar geologi dan aplikasinya, serta mampu mengaplikasikannya untuk kepentingan eksplorasi sumberdaya geologi, pengelolaan lingkungan geologi dan bencana geologi.
  3. Mampu melakukan, membuat, membaca, menggunakan dan mengevaluasi peta geologi untuk kepentingan keilmuan dan eksplorasi sumberdaya geologi, pengelolaan lingkungan dan bencana geologi, serta mampu mengomunikasikannya secara lintas-disiplin.
  4. Mandiri dan siap melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.